Minggu, 12 Mei 2013

AMUNISI DI LUAR FIREHOUSE


    Ingat nama Bill Leverty? Ya benar, dia gitaris sekaligus salah satu pendiri FireHouse, band rock yang pernah melejit lewat lagu “Love of a Lifetime” di awal era ‘90an. Namun kendati gaung Firehouse kini sudah tidak semembahana dulu, namun Bill ternyata tetap aktif berkarya. Dan baru-baru ini ia kembali menelurkan album solo terbaru bertajuk “Drive”, melengkapi tiga karya solo yang sudah ia rilis sebelumnya, yakni “Wanderlust” (2004), “Southern Exposure” (2007) dan “Deep South” (2009).
    “Drive” sendiri memuat 10 trek daur ulang dari lagu-lagu favorit Bill sepanjang masa. Di antaranya ada lagu “Fortunate Son” (Creedence Clearwater Revival), “Free Ride” (Edgar Winter Group), “I Shot The Sheriff” (Bob Marley/Eric Clapton), “Jesus Children Of America” (Stevie Wonder), "Fire" (The Ohio Players) dan “Rikki Don’t Lose That Number” (Steely Dan).
    Tadinya, sebenarnya tidak diniatkan menjadi album. Awalnya, Bill mengintepretasi lagu bercorak funk/rock berjudul "Fire" milik The Ohio Players dan merekamnya. Menurut Bill, lagu itu pernah menempati peringkat terlaris di Amerika Serikat pada era ‘70an dan masih ingat dimana ia pertama kali mendengarkannya. “Saya sedang mengantar surat kabar bersama bos saya dan dia senang sekali mendengarkan stasiun (radio) funk. (Waktu itu) pukul 4:30 pagi dan (lagu itu) membuat kami bersemangat!”

    Terkesan akan hasil akhir dari lagu “Fire“, maka Bill pun meneruskan proyek tersebut hingga terkumpul 10 lagu cover yang disukainya. Bill mengaku, penggarapan album ini lumayan menantang. Karena ia ingin memasukkan ciri permainan gitarnya, namun tanpa merusak versi aslinya. “Jadi saya selalu berusaha menyeimbangkannya. Saya pikir lagu ‘Rikki Don't Lost That Number’ adalah yang paling menantang karena saya mencoba mengganti semua part piano dengan permainan gitar yang clean. (Donald) Fagen adalah seorang pemain piano yang fenomenal, jadi mempelajari style-nya sangat menantang buat saya. Permainan (gitaris) Walter Becker di lagu itu juga benar-benar menantang, tapi sangat menyenangkan dipelajari. Keseluruhan album ini merupakan proses belajar yang hebat buat saya,” papar Bill lewat tanya-jawab via email dengan GitarPlus.

Sumber :  http://www.gitarplus.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar